vpay

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

15/03/2011

Manusia dan Pendidikan

Pandangan ilmiah tentang manusia dan implikasi pendidikannya

1. Antropologi Biologis/ fisik

Antropologi adalah studi tentang asal-usul, perkembangan, karakteristik jenis (spesies) manusia atau studi tentang ras manusia.

Implikasi dalam prkatek pendidikan, konsep-konsep antropologi biologis menjadi landasan pendidikan: a. Keharusan dan kemungkinan pendidikan, b. keragaman pendidikan, baik dalam sejarah manusia maupun dalam bentuk praktek pendidikan dalam suatu zaman.

2. Antropologi Budaya

Antropologi sosial budaya menggunakan teknik-teknik riset historis, observasi, wawancara, dalam studi orang yang hidup sekarang.

Implikasi dalam praktek pendidikan, konsep-konsep antropologi sosial budaya menjadi landasan pendidikan: a. Keharusan dan kemungkinan pendidikan, b. Keragaman kegiatan pendidikan berdasarkan sistem budaya, c. pendidikan adalah proses pemindahan budaya dari generasi ke gnerasi.

3. Psikologi

Psikologi adalah studi tentang kegiatan0kegiatan atau tingkah laku individu dalam keseluruhan ruang hidupnya.

Implikasi dalam praktek pendidikan: a. Konsep-konsep psikologis tentang individu menjadi dasar pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar, b. Pendidikan= individualisasi (proses pengembangan individu).

4. Sosiologi

Sosiologi adalah studi tentang struktur soaial

Implikasi dalam pendidikan: a. konsep-konsep sosiologi tentang manusia menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan, b. masyarakat sebagai ekologi pendidikan atau sebagai lingkungan berlangsungnya pendidikan, c. Pendidikan= sosialisasi (proses menjadi anggota masyarakat yang diharapkan).

5. Politika (ilmu politik)

Politika adalah studi tentang pemerintaha negara.

Implikasi dalam praktek pendidikan: a. Konsep-konsep politika menjadi dasar penyelenggaraan pengelolaan pendidikan makro nasional, b. terjalinnya kerjasama internasional dalam bidang pendidikan, c. Pendidikan= civilisasi (proses menjadi warga negara yang diharapkan).

6. Ekonomika (ilmu ekonomi)

Ekonomi adalah studi tentang upaya manusia memperoleh kemakmuran materiil.

Implikasi dalam praktek pendidikan: a. konsep-konsep ekonomik menjadi dasar atau landasan pendidikan, b. kondisi ekonomi mempengaruhi kemampuan dan kegiatan pendidikan, c. pendidikan= penanaman modal dalam sumber daya manusia, ditinjau dari ekonomi makro.

Pandangan filosofis tentang manusia dan implikasi pendidikannya

1.Filsafat Umum

Filsafat adalah studi tentangkebenaran alam semesta dan isinya.

Implikasi dalam praktek pendidikan: a. konsep-konsep filsafat umum menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan, b. muncul sekolah-sekolah percobaan

2.Filsafat Antropologi/ Antropologi Filosofis

Merupakan cabang filsafat yang menyelidiki hakekat manusia sebagai keseluruhan, atau manusia seutuhnya.

Obyek: Masalah hubungan manusia dengan alam, masalah hubungan manusia dengan manusia, masalah hubungan manusia dengan Tuhan.

Karakteristik manusia seutuhnya: satu yang terkandung didalamnya banyak aspek (one in many), manusia seutuhnya, hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol untuk menyatakan pikiran sebagai milik manusia yang unik, , hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol untuk mengkomunikasikan pikirannya, , hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol untuk menalar dan sadari sebagai pribadi yang menalar, , hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol untuk mengkombinasikan unsur-unsur yang menghasilkan suatu yang kreatif, , hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol, maka mengadakan perbedaan moral, , hewan yang mempunyai kemampuan menggunakan simbol-simbol dapat menyadari diri sendiri sebagai pribadi.

Implikasi dalam pendidikan: a. konsep-konsep manusia seutuhnya sebagai dasar tujuan pendidikan, b. pendidikan= humanisasi (proses mewujudkan kemanusiaan, atau proses menuju tercapainya manusia seutuhnya, c. tujuan utama dalam hidup mencapai perwujudan diri sendiri secara kooperatif.

Sumber : http://saifurss07.wordpress.com/2011/03/04/manusia-dan-pendidikan/