Dierich (dalam Hamalik, 2008: 172)
membagi kegiatan dalam 8 kelompok yang meliputi aktivitas jasmani dan aktivitas
jiwa. Aktivitas-aktivitas tersebut ialah sebagai berikut.
1.
Kegiatan-kegiatan
visual seperti membaca, melihat gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi,
pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
2.
Kegiatan-kegiatan
lisan (oral) seperti mengemukakan
suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan,
memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi, dan interupsi.
3.
Kegiatan-kegiatan
mendengarkan seperi mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan percakapan atau
diskusi kelompok, mendengarkan suatu permainan, mendengarkan radio.
4.
Kegiatan-kegiatan
menulis seperti menulis cerita, menulis laporan, memeriksa karangan, bahan-bahan
kopi, membuat rangkuman, mengerjakan tes, dan mengisi angket.
5.
Kegiatan-kegiatan
menggambar seperti menggambar, membuat grafik, chart, diagram, peta, dan pola.
6.
Kegiatan-kegiatan
motorik seperti melakukan percobaan, memilih alat-alat,melaksanakan pameran,
membuat model, menyelenggarakan permainan, menari, dan berkebun.
7.
Kegiatan-kegiatan
mental seperti menanggapi, mengingat, memecahkan masalah, merenungkan,
menganalisis, melihat hubungan-hubbungan, dan membuat keputusan.
8.
Kegiatan-kegiatan
emosional seperti minat, membedakan, berani, tenang, merasa bosan, gembira dan
gugup.
Whiple (dalam Hamalik,
2008:173) membagi kegiatan-kegiatan
peserta didik sebagai berikut.
a)
Bekerja dengan alat-alat
visual
1)
Mengumpulkan
gambar-gambar dan bahan-bahan ilustrasi lainnya.
2)
Mempelajari
gambar-gambar, streograph slide film, khusus mendengarkan penjelasan,
mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
3)
Mengurangi pameran.
4)
Mencatat
pertanyaan-pertanyaan yang menarik minat, sambil mengamati bahan-bahan visual.
5)
Memilih alat-alat visual
ketika memberikan laporan lisan.
6)
Menyusun pameran, menulis
tabel.
7)
Mengatur file material
untuk digunakan kelak
b)
Ekskursi dan trip
1) Mengunjungi museum, akuarium, dan kebun binatang.
2) Mengundang lembaga-lembaga/ jawatan-jawatan yang dapat memberikan
keterangan dan bahan-bahan.
3) Menyaksikan demonstrasi, seperti proses produksi di pabrik sabun, proses
penerbitan surat kabar, dan proses penyiaran televisi.
c)
Mempelajari
masalah-masalah
1)
Mencari informasi dalam
menjabab pertanyaan-pertanyaan penting.
2)
Mempelajari ensiklopedia
dan referensi.
3)
Membawa buku-buku dari
rumah dan perpustakaan umum untuk melengkapi seleksi sekolah.
4)
Mengirim surat kepada
bahan-bahan bisnis untuk memperoleh informasi dan bahan-bahan.
5)
Melaksanakan
petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Guidance yang telah disiarkan oleh
guru.
6)
Membuat catatan-catatan sebagai persiapan diskusi dan laporan.
7)
Menafsirkan peta, menentukan lokasi-lokasi.
8)
Melakukan eksperimen, misalnya membuat sabun.
9)
Menilai informasi dari
berbagai sumber, menentukan kebenaran atas pertanyaan-pertanyaan yang
bertentangan.
10) Mengorganisasi bahan bacaan sebagai persiapan diskusi atau laporan lisan.
11) Mempersiapkan dan memberikan laporan-laporan lisan yang menarik dan
bersifat informatif.
12) Membuat rangkuman, menulis laporan dengan maksud tertentu.
13) Mempersiapkan daftar bacaan yang digunakan dalam belajar.
14) Men-skin bahan untuk menyusun subjek yang menarik untuk studi lebih
lanjut
d)
Mengapresiasi literatur
1)
Membaca cerita-cerita
yang menarik.
2)
Mendengarkan bacaan untuk
kesenangan dan informasi.
e)
Ilustrasi dan konstruksi
1) Membuat chart dan diagram
2) Membuat blue print
3)
Menggambar dan
membuat peta
4)
Menyiap,
relief map, pictorial map.
5)
Membuat poster
6)
Membuat ilustrasi, peta,
dan diagram untuk sebuah buku.
7)
Menyusun rencana
permainan
8)
Menyiapkan suatu frieze.
9)
Membuat artikel untuk
pameran.
f)
Bekerja menyajikan
informasi
1)
Menyarankan cara-cara
penyajian informasi yang menarik.
2)
Menyensor bahan-bahan
dalam buku-buku.
3)
Menyusun bulletin
board secara up to date.
4)
Merencanakan dan
melaksanakan suatu program assembly.
5)
Menulis dan menyajikan
dramatisasi.
g)
Cek dan tes
1)
Mengerjakan informal dan standardized
test.
2)
Menyiapkan tes-tes untuk
murid lain.
3)
Menyusun grafik
perkembangan.
Sumber:
Hamalik,
Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Bumi Aksara
. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar
Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo
No comments:
Post a Comment