04/06/2013

AKTIVITAS SISWA

Dierich (dalam Hamalik, 2008: 172) membagi kegiatan dalam 8 kelompok yang meliputi aktivitas jasmani dan aktivitas jiwa. Aktivitas-aktivitas tersebut ialah sebagai berikut.
1.      Kegiatan-kegiatan visual seperti membaca, melihat gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
2.      Kegiatan-kegiatan lisan (oral) seperti mengemukakan suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi, dan interupsi.
3.      Kegiatan-kegiatan mendengarkan seperi mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan percakapan atau diskusi kelompok, mendengarkan suatu permainan, mendengarkan radio.
4.      Kegiatan-kegiatan menulis seperti menulis cerita, menulis laporan, memeriksa karangan, bahan-bahan kopi, membuat rangkuman, mengerjakan tes, dan mengisi angket.
5.      Kegiatan-kegiatan menggambar seperti menggambar, membuat grafik, chart, diagram, peta, dan pola.
6.      Kegiatan-kegiatan motorik seperti melakukan percobaan, memilih alat-alat,melaksanakan pameran, membuat model, menyelenggarakan permainan, menari, dan berkebun.
7.      Kegiatan-kegiatan mental seperti menanggapi, mengingat, memecahkan masalah, merenungkan, menganalisis, melihat hubungan-hubbungan, dan membuat keputusan.
8.      Kegiatan-kegiatan emosional seperti minat, membedakan, berani, tenang, merasa bosan, gembira dan gugup.
Whiple (dalam Hamalik, 2008:173) membagi kegiatan-kegiatan peserta didik sebagai berikut.
a)    Bekerja dengan alat-alat visual
1)   Mengumpulkan gambar-gambar dan bahan-bahan ilustrasi lainnya.
2)   Mempelajari gambar-gambar, streograph slide film, khusus mendengarkan penjelasan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
3)   Mengurangi pameran.
4)   Mencatat pertanyaan-pertanyaan yang menarik minat, sambil mengamati bahan-bahan visual.
5)   Memilih alat-alat visual ketika memberikan laporan lisan.
6)   Menyusun pameran, menulis tabel.
7)   Mengatur file material untuk digunakan kelak
b)   Ekskursi dan trip
1)   Mengunjungi museum, akuarium, dan kebun binatang.
2)   Mengundang lembaga-lembaga/ jawatan-jawatan yang dapat memberikan keterangan dan bahan-bahan.
3)   Menyaksikan demonstrasi, seperti proses produksi di pabrik sabun, proses penerbitan surat kabar, dan proses penyiaran televisi.
c)    Mempelajari masalah-masalah
1)        Mencari informasi dalam menjabab pertanyaan-pertanyaan penting.
2)        Mempelajari ensiklopedia dan referensi.
3)        Membawa buku-buku dari rumah dan perpustakaan umum untuk melengkapi seleksi sekolah.
4)        Mengirim surat kepada bahan-bahan bisnis untuk memperoleh informasi dan bahan-bahan.
5)        Melaksanakan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Guidance yang telah disiarkan oleh guru.
6)        Membuat catatan-catatan sebagai persiapan diskusi dan laporan.
7)        Menafsirkan peta, menentukan lokasi-lokasi.
8)        Melakukan eksperimen, misalnya membuat sabun.
9)        Menilai informasi dari berbagai sumber, menentukan kebenaran atas pertanyaan-pertanyaan yang bertentangan.
10)    Mengorganisasi bahan bacaan sebagai persiapan diskusi atau laporan lisan.
11)    Mempersiapkan dan memberikan laporan-laporan lisan yang menarik dan bersifat informatif.
12)    Membuat rangkuman, menulis laporan dengan maksud tertentu.
13)    Mempersiapkan daftar bacaan yang digunakan dalam belajar.
14)    Men-skin bahan untuk menyusun subjek yang menarik untuk studi lebih lanjut
d)   Mengapresiasi literatur
1)   Membaca cerita-cerita yang menarik.
2)   Mendengarkan bacaan untuk kesenangan dan informasi.
e)    Ilustrasi dan konstruksi
1)   Membuat chart dan diagram
2)   Membuat blue print
3)   Menggambar dan membuat peta
4)   Menyiap, relief map, pictorial map.
5)   Membuat poster
6)   Membuat ilustrasi, peta, dan diagram untuk sebuah buku.
7)   Menyusun rencana permainan
8)   Menyiapkan suatu frieze.
9)   Membuat artikel untuk pameran.
f)    Bekerja menyajikan informasi
1)   Menyarankan cara-cara penyajian informasi yang menarik.
2)   Menyensor bahan-bahan dalam buku-buku.
3)   Menyusun bulletin board secara up to date.
4)   Merencanakan dan melaksanakan suatu program assembly.
5)   Menulis dan menyajikan dramatisasi.
g)   Cek dan tes
1)   Mengerjakan informal dan standardized test.
2)   Menyiapkan tes-tes untuk murid lain.
3)   Menyusun grafik perkembangan.

Sumber: 
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

          . 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo

No comments:

Post a Comment