27/04/2011

Tingkah Laku Mengganggu

a. Kebutuhan, potensi, minat / bakat, dan masalah anak yang suka mengganggu dalam kegiatan pembelajaran
Kebutuhan anak yang tingkah lakunya suka mengganggu adalah :
a. Ingin diperhatikan
b. Ingin diberi kesempatan
c. Ingin diberi tanggung jawab
d. Ingin dipercaya
e. Ingin dihargai
Potensi anak yang tingkah lakunya suka mengganggu adalah :
a. Seorang pemimpin
b. Seorang atlet
c. Sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan fisik dan membutuhkan tenaga yang lebih
Minat / bakat anak yang tingkah lakunya suka mengganggu adalah:
a. Memiliki tenaga yang lebih dari pada anak yang lain
b. Memiliki jiwa keberanian
c. Memiliki jiwa sosial
Masalah anak yang suka mengganggu dalam kegiatan pembelajaran adalah :
a. Kurang perhatian
b. Kurang kasih sayang
c. Kurang dihargai di lingkungannya

b. Gejala-gejala anak yang suka mengganggu dalam kegiatan pembelajaran
a. Gagal menyimak hal-hal yang rinci
b. Kesulitan bertahan pada satu aktivitas
c. Tidak mendengarkan sewaktu diajak bicara
d. Sering tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru dan gagal menyelesaikan pekerjaan sekolah, tugas-tugas atau kewajibannya
e. Kesulitan mengtur jadwal tugas dan kegiatan belajar
f. Sering menghindar dari tugas yang memerlukan perhatian lama
g. Sering beralih perhatian oleh stimulus dari luar
h. Sering memberi jawaban sebelum pertanyaan selesai diajukan
i. Sering mengalami kesulitan menunggu giliran
j. Sering memotong pembicaraan dan mencela orang lain
k. Melakukan tindakan yang berbahaya tanpa pikir panjang
l. Sering berteriak di kelas
m. Tidak sabaran
n. Usil, suka mengganggu anak lain
o. Permintaan harus segera dipenuhi
p. Mudah putus asa
q. Sering menggerakkan kaki atau tangan
r. Sering meninggalkan tempat duduk di kelas
s. Sering berlari dan memanjat
t. Mengalami kesulitan melakukan kegiatan dengan tenang
u. Sering bicara berlebihan
v. Sering gagal berfokus pada hal-hal detail dalam pekerjaan sekolah
w. Sering kesulitan dalam memperhatikan perhatian pada tugas sekolah
x. Sering tampak tidak mendengarkan bila diajak bicara secara langsung

c. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang suka mengganggu di lingkungan sekolah
a. Memberi materi sesuai dengan kemampuan siswanya
b. Tugas yang di berikan kepada siswa tidak terlalu banyak agar tidak menjadi beban
c. Memberikan kesempatan siswa bekerja sama untuk belajar kelompok dengan melatih peran sosialnya
d. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat di kelas
e. Mengguanakan media pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa

d. Bimbingan kelompok bagi anak yang suka mengganggu
a. Mengenalkan ciri – ciri khusus yang ada dalam diri sendiri
b. Menanamkan sikap terpuji kepada anak
c. Mengenalkan cara hidup sehat
d. Mengenalkan ciri khusus orang lain
e. Menjelaskan perlunya kerja sama
f. Melatih cara mengambil keputusan sendiri
g. Mengenalkan cara mengungkapkan perasaan bahagia dan sedih.
h. Menanamkan cara hidup bersih dan sehat
i. Mengenali kecakapan yang dimilikinya
j. Membimbing siswa menciptakan dan memelihara persahabatan
k. Menjelaskan cara menjadi pendengar yang baik
l. Menjelaskan perlunya memiliki beberapa pilihan sebelum mengambil keputusan
m. Melatih cara mengenal hal–hal yang disukai oranglain
n. Melatih siswa mengenali tanggung jawabnya
o. Mengenalkan sopan santun berbicara dengan orang lain
p. Mengenalkan akibat dari keputusan yang diambil

E. Konseling terbatas bagi anak yang suka mengganggu
a. Memberikan bimbingan kepada anak yang suka mengganggu secara pribadi
b. Menanyakan kesulitan – kesulitan anak dalam pembelajaran
c. Memberikan bantuan tambahan jam pelajaran / les bila diperlukan

F. Pelayanan rujukan bagi anak yang suka mengganggu
a. Mendiagnosis tingkah laku anak dengan permainan saat pmbelajaran
b. Memeriksakan anak ke dokter dengan bantuan terapi medikasi
c. Memeriksakan anak ke psikolog untuk mengetahui penyebabnya
d. Melakukan pola hidup sehat dengan penanganan pencernaan bila terjadi gangguan
e. Bekerja sama dalam lingkungan sosial anak tinggal

G. Melengkapi rencana-rencana yang dirumuskan antara guru dengan anak tingkah laku mengganggu
a. Menanyakan kepada anak tentang minatnya untuk diarahkan
b. Memberikan fasilitas yang sesuai dengan bakat anak untuk dapat dikembangkan di dalam maupun di luar kelas
c. Memberikan kebebasan dan kesempatan anak untuk berekspresi sesuai dengan bakat yang dimilikinya

H. Pengajaran bagi anak yang suka mengganggu
a. Menggunakan metode pembelajaran yang disukai anak
b. Mengunakan permainan dalam pembelajaran
c. Menggunakan sistem pengajaran dengan kooperatif learning
d. Menggunakan pembelajaran yang tidak hanya teori tetapi juga dengan prakteknya.
e. Menggunakan media pembelajaran yang diminati anak

I. Data dan informasi tentang anak yang suka mengganggu
a. Mengamati tingkah laku anak saat proses pembelajaran berlangsung di kelas
b. Mencoba bertanya kepada teman dekat anak yang suka mengganggu tentang keadaannya
c. Mencari tahu kondisi lingkungan tempat tinggal anak
d. Mencari tahu kondisi keluarga anak yang suka mengganggu

J. Homevisit
• Mengunjungi rumah siswa untuk menanyakan kepada orang tua
• Memberikan saran kepada orang tua untuk memperhatikan anak di rumah
• Memberikan saran kepada orang tua untuk memberikan bimbingan belajar di rumah

No comments:

Post a Comment